Definition List

Recent Posts

WeSSolution ID Card / Member Card Packaging Under Construction Under Construction

Promosi Produk : Media Iklan Outdoor

Friday 11 July 2014

Bagi para pedagang, pebisinis atau penjual, pasrah dan menunggu datangnya pembeli sudah pasti bukan pilihan cara yang baik karena akan berdampak buruk bagi usahanya. Salah satu cara mendatangkan pembeli dengan
cara mengiklankan produk atau jasanya, karena sangat berbahaya apabila membuka bisnis dan orang tidak mengetahui produk atau jasa apa yang kita pasarkan.

Banyak sekali ragam bentuk bahasa penawaran / promosi yang disebut dengan iklan. Promosi adalah upaya yang penting dalam melakukan pemasaran produk maupun jasa suatu bisnis dengan tujuan untuk menarik para calon konsumen agar membeli atau mengkonsumsi produk tersebut. Jelas sekali bahwa untuk memajukan sebuah bisnis yang di bangun sudah barang tentu produk harus dikenal dan di konsumsi oleh konsumen. Dan langkah serta upaya seorang pebisnis  dalam menjual produk dan jasa komoditi mereka adalah dengan strategi yang tepat dalam melakukan promosi. Jawabannya sudah pasti dengan beriklan / memasang iklan di berbagai media iklan yang relevan.

Media periklanan merupakan suatu bentuk komunikasi langsung maupun tidak langsung yang digunakan untuk mempengaruhi individu agar membeli produk atau jasa dan juga bersifat membujuk calon pelanggan agar membeli atau mengkonsumsi suatu merek produk atau jasa. Dalam pengaplikasiannya, media iklan di bagi dalam dua kategori, yaitu “Indoor Advertising” (Media Iklan dalam ruangan) dan “Outdoor Advertising” (Media iklan di luar ruangan).

Media iklan di luar ruangan atau outdoor advertising adalah media tepat untuk  berpromosi dengan visualisasi yang menarik perhatian dan memudahkan orang untuk mengenal produk yang kita pasarkan dan yang pasti mudah di ingat karena dapat ditempatkan di tempat yang strategis dan mudah dilihat orang.
Kali ini kita akan membahas beberapa jenis media promosi outdoor yang bisa dijadikan referensi dalam mempromosikan produk maupun jasa.

1. Billboard

Billboard adalah media promosi luar ruangan yang berbentuk poster dengan ukuran yang besar dan diletakkan ditempat tertentu yang tinggi  dan ramai dilalui orang.
Billboard termasuk model media iklan outdoor yang lumayan banyak di gunakan, terutama untuk produk-produk dengan brand-brand terkenal. Perkembangan media ini pun cukup pesat. Di era digital ini, billboard mulai memakai teknologi terbaru sehingga muncul billboard canggih seperti digital billboard, mobile billboard dan lainnya.

2. Baliho

Baliho merupakan media promosi luar ruang yang digunakan untuk memberikan informasi/promosi jangka
pendek mengenai acara (event) tertentu dan pelincuran produk baru atau kegiatan yang bersifat insidentil. Perbedaan baliho dengan billboard terletak pada konstruksinya yang semi permanent.
Baliho adalah salah satu media promosi luar ruangan sebagai media informasi / promosi jangka pendek mengenai event / acara tertentu, kegiatan yang bersifat insidentil atau peluncuran produk baru dari suatu brand. Perbedaan media ini dengan media billboard terletak pada konstruksi dan material yang digunakan yaitu permanen (billboard) dan semi permanen (billboard).

>> Baca juga : “Media Promosi Efektif : Beriklan gratis tanpa mengeluarkan biaya”

3. Shop Sign Branding

Shop sign branding merupakan media promosi tempat usaha yang fungsinya untuk memberikan petunjuk kepada konsumen dan biasanya diletakkan menempel pada suatu tempat usaha atau di sekitar area tempat usaha sebagai branding.

4. Neon Box

Neon Box merupakan media promosi outdoor yang umumnya berbentuk sesuai namanya “box” atau kotak dalam bahasa Indonesia. Didalam neon box terdapat lampu neon yang berfungsi menerangi media promosi ini dari dalam. Model dan corak neon neon box ini mencerminkan identitas suatu usaha ini sendiri.

5. Spanduk

Spanduk merupakan media promosi outdoor yang umumnya terbuat dari kain atau bahan-bahan yang tahan
terhadap air dengan panjang dan lebar  yang disesuaikan dengan kebutuhan. Media ini dapat di pasang melintang di atas ruas jalan, di dinding took / ruko dan tempat-tempat lainnya.

Itu tadi beberapa media iklan outdoor yang dapat dijadikan referensi periklanan usaha Anda, namun tetap perhatikan kebutuhan periklanan produk usaha Anda, jangan sampai mengganggu bagian produksi atau bagian lainnya dalam usaha Anda.

Silahkan share dan jangan lupa tinggalkan komentar.

No comments:

Post a Comment

 

Sidebar One